Tail di windows

Standard

Tail merupakan salah satu the-best-tool-you-can’t-live-without yang sangat berguna bagi para administrator dan developer pada unix-environment. Perintah tail bisa menampilkan setidaknya 10 baris terakhir ato lebih dari sebuah teks file. Tail juga memungkinkan kita untuk melihat isi file pada saat file tersebut sedang ditulis oleh suatu proses. Tool ini sering kali digunakan untuk menampilkan hasil dari log ato debug file untuk melihat aktivitas terakhir dari proses tertentu. Sayangnya, Windows XP tidak dilengkapi tool tail sehingga kadang bikin administrator dan developer windows-environment menjadi frustasi dalam melakukan troubleshooting ato debugging.

Sukurnya, tool tersebut tersedia di Windows Server 2003 Resource Kit Tools. Windows Server 2003 Resource Kit Tools adalah kumpulan tool untuk administrator, developer dan power user yang memudahkan pengaturan Active Directory, Group Policy, TCP/IP Networks, Registry, Security, Scalabilty, dan berbagai area di sistem operasi Windows Server 2003. Windows Server 2003 Resource Kit Tools bisa di download di Windows Download
Setelah Windows Server 2003 Resource Kit Tools terinstall, kita perlu merestart komputer kita agar direktori “C:\Program Files\Windows Resource Kits\Tools\” dimasukkan dalam variable PATH sehingga bisa diakses dari direktori manapun.

Sekarang perintah tail sudah tersedia, untuk melihat cara penggunaannya ketikkan tail /?
Contoh cara menggunakannya: C:\>tail NAMA_FILE
Untuk menampilkan 100 baris terakhir: C:\>tail -100 NAMA_FILE
Untuk tetap memantau isi file: C:\>tail -f NAMA_FILE

Selamat mencoba! 🙂

10 thoughts on “Tail di windows

  1. huhuhuhu gw jg baru taw ada tail di windows.. betapa cupuw nya dirikuh..
    itu bisa jg bwat winxp, malih.. win2k3 kan masi satu “bibit” ma winxp

  2. Hendra

    Baru tau juga dan ternyata gak bisa dipake !!

    aku udah muter2 nyari fungsi “tail” buat buka access.log-nya SquidNT di WIndows XP, pake tail.exe bawaan Windows Server 2003 Resource Kit Tools hasilnya :
    TAIL: can’t open file access.log

    trus coba pake tail dati SF yang porting dari versi UNIX-nya buat di Windows juga kok aneh yah, apa aku gak bisa makenya apa gimana yg jelas masih jauh dari yang diharapkan ….

    ada solusi “TAIL” lainnya ?

Leave a Reply